Mengenal Pentingnya Kebahagiaan Anak-Anak

By Yuniar HMS. Islamiyati - Januari 20, 2018

sumber gambar : http://www.tulisanku.web.id


Jika mendengar kata 'anak-anak' tuh langsung terekam sosok muda, kecil, sosok yang dapat tertawa lepas tanpa beban, polos, jujur, ingin tau banyak, ceroboh sampai orang dewasa bilang, "Ya namanya juga anak-anak."

Ada hal yang harus diperhatikan pada anak-anak yaitu kebahagiaannya. Memang benar kebahagiaan mereka tergantung dari orang tuanya dan perlu ditambahkan juga bahwa kebahagiaan anak dapat dilihat dari lingkungannya. Lingkungan yang baik akan melahirkan anak-anak yang sehat, begitu juga dengan perkembangannya. Memberikan kebahagiaan ditengah persoalan manusia yang kompleks tidaklah mudah. Era millenial ini bisa jadi ancaman bagi kebahagian anak-anak jika salah-salah menempatkan perhatian kita sebagai orang dewasa kepada anak-anak. Pasti banyak diantara kita membanding-bandingkan masa kecil kita lebih bahagia dibandingkan anak-anak saat ini. Jika tolak ukurnya hanya pada mainan apa yang ia mainkan, atau dimana ia bermain seperti sawah, ladang atau balong (re: kolam) tentu kita keliru. Anak-anak saat ini bermain gadget memang sudah zamannya teknologi, tidak bisa dihindari, akan tetapi bisa kita kurangi tanpa mengurangi hak kebahagiaannya.

Lantas bagaimana cara menguranginya? Lakukan pendekatan, jadilah orang tua yang bertanggung jawab terhadap tumbuh kembang anak. Anak adalah titipan. Anak adalah mutiara berharga. Walau gue belum jadi orang tua, tapi gue sebagai orang dewasa akan kecewa apabila melihat anak-anak yang hilang kebahagiaannya. Anak yang hilang kebahagiaan bisa melakukan penyimpangan yang tidak seharusnya ia lakukan anak-anak seusianya. Jika dibiarkan, penyimpangan tersebut akan berkembang sampai ia remaja. Ini yang fatal. Usia remaja merupakan estafet perubahan masa. Artinya jika remaja tersebut tidak baik, bobroklah bangsa ini.

Selain pendekatan orang tua, ajarkan anak-anak mengenal lebih dalam agama. Selain sebagai pondasi, anak-anak akan tau mana yang baik dan yang buruk.
Ajak pula anak berkumpul dengan anak-anak seusianya, bangun lingkungan yang sehat. Maka disini akan terbentuk karakter anak yang lebih berani karena ada banyaknya dorongan dari orang-orang sekitar, orang-orang yang ia kenal. Bangun keluarga yang harmonis, kita tau kebanyakan keluarga broken heart akan membentuk karakter anak yang binal, anak yang menutup komunikasinya terhaaddap orang-orang terdekat.

Maaf jika saya banyak menggunakan kata "anak-anak" karena akan beda makna disini dengan kata "anak" saja.

Terakhir sebagai penutup tulisan ini. Besar harapan saya terhadap anak-anak adalah orang tuanya. Saya berharap kepada orang tua saat ini prioritaskanlah kebutuhan anak, bukan sekedar materi, bukan pula menjadikan anak manja. Tapi, pahami anak lebih dalam. Ajarkan anak menjadi pribadi yang baik seperti apa, ceritakan pengalaman-pengalaman yang bermoral agar anak dapat menganalisa secara empiris. Dan semoga Indonesia diberkahi anak-anak yang bahagia. Aamiin

Salam,
Yuniarisl.

  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. Awal-awal ponakan saya ( yang masih usia anak-anak tentunya )main gadget waktu itu nggak begitu ngeh pengaruhnya kayak apa. Tapi makin kesini kok serasa jadi anak yang ansos dan kurang peka. Kalau udah pegang smartphone bakal fokus sama game / video yang ditonton. Pas dipanggil pun, harus di ulangi sampai 2-3 kali, baru si ponakan akal membalas panggilan itu. Yah, dan akhirnya mulai saat itu dibatasi lah si dia kalau mau main gadget. Paling cumqa 10-15 menit doang, setelaah itu udah. Bye-bye gadget ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat buat terus kontrol tumbuh dan kembang anaknya Kak, eh ponakannya.

      Hapus
  2. iya teh, gak cuma nyekolahin tapi juga lebih secara psikologi nya :)
    sha udah 24 tahun tapi tetep anak2 buat orang tua mah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, malah aku merasa kebanyak orang diusia dewasa tua itu egois.

      Hapus
  3. Deket dengan anak itu penting banget ya, Mbak, sungguh... ini termasuk kunci panting bahagia...

    BalasHapus
  4. Info Terbaru !!

    Ayo ikuti Kontes Seo dan menangkan hadiahnya dengan total uang 30juta rupiah.
    Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda dan raih hadiahnya !!

    Pendaftaran dimulai pada Tanggal 22 Januari 2018
    Pendaftaran berakhir pada Tanggal 22 April 2018
    Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 7 Mei 2018
    Hadian akan dibagikan pada 8 Mei 2018

    Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di : seoitu99@gmail.com
    Bisa juga kunjungi : http://www.itu99.host/kontes/


    Syarat dan Ketentuan Berlaku !!

    BalasHapus