GANBATTE (Gerakan Bagi Takjil Tangerang)

By Yuniar HMS. Islamiyati - Juni 17, 2017

Bulan Ramadhan adalah bulan paling istimewa umat islam. Bulan ramadhan memiliki banyak keberkahan, keutamaan dan berbagai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Keberkahan pertama, adalah bahwa puasa Ramadhan merupakan penyebab terampuninya dosa-dosa dan terhapusnya berbagai kesalahan. Keberkahan kedua, pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam lailatul Qadar. Keberkahan ketiga, terdapat banyak hadits lain yang menjelaskan keutamaan dan keistimeaan bulan yang sangat barakah ini, di antaranya hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Apabila Ramadhan datang maka pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu.”

Ketika pintu Surga dibuka, kita punya banyak kesempatan untuk meraihnya. Memperkuat pertahanan agama kita, memperbanyak sedekah dan menyambungkan tali silaturahmi. Ramadhan bukan berarti berdiam diri atau sekedar puasa begitu saja, apalagi jika puasanya hanya diimbangi dengan tidur sepanjang hari. Selain dilarang, hal tersebut juga merugikan badan kita loh.

Berbeda dengan Ramadhan-ramadhan sebelumnya, Ramadhan kali ini gue hanya memiliki sedikit jadwal buka bersama dengan teman-teman. Gue baru dua kali bukber bareng rekan kampus administrasi sore, yang gak akan gue temui di semester depan, dan bukber bareng keluarga rumah walet. Yang membedakan dari Ramadhan kemarin, kali ini gue lebih banyak menghabiskan waktu gue untuk hal yang bermanfaat dan mengurangi kegiatan gue di dunia maya. Kemarin BBM gue sempet error, dan gue pun off gak buka instagram selama Ramadhan. Sejauh ini masih kuat, semoga goal ya sampai lebaran. Karena biasanya gue cukup aktif berselancar di instagram.
Salah satu hal penting lainnya adalah, gue bersama teman-teman kampus dan teman terdekat gue mengadakan kegiatan sosial yang kami namai "GANBATTE", gerakan bagi takjil Tangerang. 
Hal yang mendorong kami untuk membuat kegiatan tersebut adalah ingin membuat acara yang bisa dibagikan kepada masyarakat banyak dan mengisi waktu libur kuliah kami dengan hal bermanfaat. Gue pribadi mikirnya kapan lagi punya acara sosial kaya gini, tahun besok udah pada sibuk sama skripsian dan kerjaan kan?
Pada rapat pertama sedikit pesimis, apa bisa mengumpulkan donasi sesuai target?
Berkat usaha dan kerjasama yang baik, semua diluar dugaan kami. Donasi yang terkumpul melebihi target bahkan dua kali lipatnya, akhirnya setengah dari donasi kami olah untuk disantunkan kepada anak yatim. Ada kepuasan dan kebahagian yang bisa saya baca dari respon teman-teman. Walau pada hari H pembagian takjil sempat di guyur hujan deras, baru setengah membagikan takjil di pusat kemacetan hujan datang. Akhirnya saya dibantu oleh dua orang anak, usianya sekitar lima belas tahunan. Namanya Hendrika dan Verry, mereka adalah sosok ojek payung yang baik banget mau bantu membagikan takjil kami ditemani payung mereka. Gue percaya, dimana ada niat baik pasti selalu berjalan dengan baik pula.
Buat gue, ini adalah pengalaman pertama gue buat turun tangan secara langsung. Gue juga berterima kasih buat teman-teman kelas yang sudah terlibat, buat Bang Dedi, Ika dan Ita sahabat-sahabat gue yang sudah datang ke Tangerang buat ikut berpartisipasi, buat Mama Indah yang sudah mengizinkan rumahnya kami pakai untuk packing makanan. Terima kasih. Walau acara kami ini terbilang kecil, tapi InsyaAllah bernilai besar :)

Keluarga GANBATTE, sebagian tidak bisa ikut.


SEGAR KAN?
Saat bungkus-bungkus buat dibawa pulang, eh.

Selesai shalat, siap makan!



  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Keren, Yun. Kegiatan sosial kayak gitu sebisa mungkin emang harus diadain ketika konsep dan voluntirnya udah siap jalan. Singkatan kegiatannya juga unik dan bermakna. Semoga kegiatannya bisa menginspirasi pembaca yang lain supaya bisa bikin acara kayak gitu juga ya. GANBATTE! :)

    BalasHapus
  2. ini ganbatte nyampe ke Pamulang gak nih :D

    BalasHapus
  3. BIsa aja ya itu kepanjangan Ganbatte :D wkwkwk cerdass :D lancar kan yak ? :D

    Anyway, sini Ganbatta. Gerakan Bagi Takjil Yogyakarta~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe bingung awalnya nyari singkatan, alhamdulillah setelah makan banyak akhirnya ketemu singkatan yang tepat :D

      Hapus